Home » » Rangkaian Regulator 2 output

Rangkaian Regulator 2 output

Rangkaian Regulator 2 oUTPUT

Regulator adalah rangkaian regulasi atau pengatur tegangan keluaran dari sebuah catu daya agar efek dari naik atau turunnya tegangan jala-jala tidak mempengaruhi tegangan catu daya sehingga menjadi stabil.

Rangkaian penyearah sudah cukup bagus jika tegangan ripple -nya kecil, tetapi ada masalah stabilitas. Jika tegangan PLN naik/turun, maka tegangan outputnya juga akan naik/turun. Seperti rangkaian penyearah di atas, jika arus semakin besar ternyata tegangan dc keluarannya juga ikut turun. Untuk beberapa aplikasi perubahan tegangan ini cukup mengganggu, sehingga diperlukan komponen aktif yang dapat meregulasi tegangan keluaran ini menjadi stabil.

Sekarang mestinya tidak perlu bingung dengan hal itu,karena saat ini sudah banyak dikenal komponen seri 78XX sebagai regulator tegangan tetap positif dan seri 79XX yang merupakan regulator untuk tegangan tetap negatif.

Bahkan komponen ini biasanya sudah dilengkapi dengan pembatas arus dan juga pembatas suhu. Komponen ini hanya tiga pin dan dengan menambah beberapa komponen saja sudah dapat menjadi rangkaian catu daya yang ter-regulasi dengan baik.

Misalnya 7805 adalah regulator untuk mendapat tegangan 5 volt, 7812 regulator tegangan 12 volt dan seterusnya, sedangkan seri 79XX misalnya adalah 7905 dan 7912 yang berturut-turut adalah regulator tegangan negatif 5 dan 12 volt.

Berikut ini contoh rangkaian regulator menggunakan IC 7812/7912. rangkaian ini dapat anda aplikasikan untuk membuat adaptor atau power suply dengan tegangan keluaran (V output 12VDC/-12VDC).

Rangkaian Regulator 12 Volt Rangkaian Regulator|Adaptor 12 Volt
Share this article :

Popular post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Persada Electrocom - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger